Background

Tahu Kupat Magelangan Karanglewas




Tahu Kupat Magelangan "Podo Moro" berada di sebelah timur pertigaan Pasar Karanglewas, Banyumas. Tepatnya di Jalan Yos Sudarso, sebelah barat luar kota Purwokerto.

Sudah satu tahun lebih, Pak Yono mendirikan warung tenda tahu kupat ini. Menurut penuturannya, bapak yang memiliki nama lengkap  Daryono ini asli dari Magelang. Tak heran, jika rasa khas tahu kupat Magelang tetap terjaga.

Campuran beraneka macam bahan dalam satu piring yang terdiri dari irisan tahu, ketupat, bakwan,kol, kacang tanah tumbuk dan taburan bawang goreng, kemudian disiram kuah manis dari campuran gula jawa dan rempah.



Rasa manis, bawang goreng dan rempah, terasa dominan saat menikmati tahu kupat magelang buatan bapak yang tinggal di desa Kedungbanteng, desa yang tak jauh dari lokasi jualan Pak Yono. Ini paduan rasa yang pas. Tidak terlalu manis dan kencang bawang gorengnya, tapi juga terasa segar karena rempahnya.

Bakwan goreng kering dimasukkan di hidangan ini untuk mendapatkan tekstur renyah. Selain itu, kerupuk "jengkol" juga disajikan untuk menemani menyantap hidangan khas kota Magelang ini.


Tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam, satu porsi tahu kupat magelang ini disajikan dengan harga enam ribu rupiah (Rp. 6.000). Sebagai teman hidangan, bisa memesan es teh manis (Rp.2.000), teh tawar (Rp.1.000), ataupun air putih (gratis).

Menariknya, ada peringatan dari penjual tahu kupat "Podo Moro" untuk pelanggan, terkait uang kembalian yang ditempel di kaca display tahu kupatnya :)




Kesimpulan :
Bisa dijadikan tempat makan sederhana tapi memuaskan ketika menempuh perjalanan melintasi Purwokerto dari dan ke arah Jakarta atau Jawa Barat.


View Wisata Kuliner Banyumas in a larger map

Categories: Share

Leave a Reply